05 March 2011

CALMA GALLERY - PROFILE

Kami Calma Gallery berdiri sejak Mei 2011, menawarkan jasa untuk pembuatan furniture rumah, apartemen, kantor, ruko, restoran, showroom dll. Furniture yg biasa kami buat seperti lemari, meja, ranjang, kitchen set, bedroom set, dll. Desain disesuaikan dengan anggaran & keinginan pelanggan. Bahan dasar bisa menggunakan multipleks,blockteak,blockboard dsb & finishing HPL, Melamic, Duco dsb. Lapisan multipleks merupakan kayu olahan. Terdiri dari lembaran-lembaran kayu tipis yang dipres kemudian dilem menjadi satu. Papan kayu olahan ini juga biasa disebut plywood. Perbedaan dasar multipleks dengan tripleks, hanya pada jumlah lapisan kayunya. Disebut tripleks jika jumlah lembarannya tiga. Disebut multipleks jika lembaran penyusunnya lebih dari tiga lapis. Soal kekuatan rupanya tidak hanya dilihat dari jumlah lembaran, namun juga dilihat dari jenis kayu, proses pengepresan, dan daya rekat lem yang menyatukan tiap lapisan. Kesemuanya berpengauh terhadap kualitas multipleks.

Jenis Material Finish

1. HPL : High Pressure Laminated
Interior material ini saat ini awam digunakan karena nilai praktisnya, tersedia dalam berbagai jenis tekstur dari warna solid seperti duko hingga motif kayu dan semuanya hanya tinggal tempel dengan lem. Dari segi harga jenis-jenisnya adalah, HPL (paling mahal), disusul Tacon, Decosit dan Supercon atau PVC. Keunggulan HPL adalah selain kualitas dan variasi model teksturnya juga karena ketebalannya (sekitar 0,7 - 1 mm) yang dilapisi kayu sehingga lebih tahan terhadap benturan. Selain itu HPL untuk beberapa merek tertentu juga menyediakan Edging (khusus untuk pinggiran meubel).

2. Cat Duco
Ducco adalah dengan metode penyemprotan cat pada permukaan furniture. Salah satu merek untuk interior material jenis ini yang sering saya gunakan adalah Supergloss (ekonomis) atau Danagloss (superior). Warna dapat bervariasi dengan pilihan yang beraneka ragam seperti warna-warna pastel maupun natural. Serat kayu pada furniture tidak akan terlihat jika menggunakan duko, karena akan tertutup dengan warna solid cat itu sendiri. Biasanya duko dalam interior design digunakan untuk menampilkan kesan dinamis, elegan dan modern pada ruangan. Repotnya? Lebih memakan waktu karena sangat berharap pada panasnya matahari sebagai pengering. Selain itu, ada beberapa proses dalam finishing jenis ini, secara berurutan interior material yang digunakan Dempul/Woodfiller > Epoxy > Cat Warna > Clear Doff/Glossy. Hebatnya finishing duco biasanya lebih kuat terhadap goresan.

3. Melamic
Adalah dengan metode penyemprotan cairan melamic/PU sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna kayu natural, karena finishing sistem melamic dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu . Biasanya jenis Finishing ini diterapkan pada kayu solid atau Plywood yang dilapis kulit kayu (Veneer). Salah satu merek untuk interior material jenis ini adalah Impra.

4. Deco sheet / Taco sheet
Material finish termurah, not recommended karena keawetan tidak bertahan lama, mudah sobek/rusak bila terpentok.
Workshop kami berada di daerah Cibubur. Februari 2012 kami juga telah membuka bengkel Las besi di Jatibening Bekasi. Silahkan mampir ke tempat kami.
Bagi yg berminat menggunakan jasa kami silahkan hubungi :

Richard 081288145543
Email : humzyboy@gmail.com
Pin BB : 522ABEF8